Skip to main content

Jenis Jenis Tepung Dan Kegunaan Nya

SELAYANG PANDANG


 


JENIS JENIS TEPUNG DAN KEGUNAANNYA

 

Ketika kita hendak membuat kreasi kue, kudapan ataupun makanan lain, yang pertama harus kita ketahui bahan dasar apa yang harus kita pakai.

Banyak Jenis Tepung & Fungsi Nya

Ketika kita ingin membuat Roti, Sponge Cake atau Bolu tentunya kita akan terpikir dengan TEPUNG. Tetapi tidak asal tepung, Karena tepung ada beberapa macam jenis, karakter dan kegunaannya.

 

DARI KANDUNGAN PROTEINNYA TEPUNG  TERBAGI 3 KATAGORI


① SOFT WHEAT  yaitu Terigu berprotein rendah.

Tepung ini terbuat dari gandum dengan kandungan protein gluten  sekitar 8 % . Sifat dari tepung ini adalah memiliki daya serap air yang rendah sehingga akan menghasilkan adonan yang sukar diuleni, tidak elastis, lengket dan daya pengembangannya rendah. Biasanya dipakai untuk membuat kue kering, kue-kue yang tidak memerlukan proses fermentasi.

Contohnya : Roda Biru, Kunci Biru.


② MEDIUM WHEAT yaitu Terigu berprotein sedang.

Terigu medium wheat mengandung gluten Sekitar 10% . Biasa disebut all-purpose flour atau tepung serba guna. Dibuat dari campuran tepung terigu hard wheat dan soft wheat sehingga memiliki karakteristik diantara kedua jenis tepung tersebut. Tepung ini cocok untuk membuat adonan fermentasi dengan tingkat pengembangan sedang, seperti donat atau aneka cake dan muffin.

Contohnya : Segitiga Biru, Gunung Bromo


③ HARD WHEAT  Yaitu terigu berprotein Tinggi.

Tepung ini diperoleh dari gandum keras (hard wheat). Mengandung protein 11-13%. Karena tingginya nilai protein yang dikandung menjadikannya mudah dicampur. difermentasikan, daya serap airnya tinggi, elastis, serta mudah digiling. Tepung jenis ini cocok untuk bahan baku roti, mie, juga pasta karena sifatnya yang elastis.

Contohnya : Cakra Kembar

 

DILIHAT DARI CAMPURANNYA


SELF RAISING FLOUR

Jenis tepung terigu yang sudah ditambahkan bahan pengembang dan garam. Penambahan ini menjadikan sifat tepung lebih stabil dan tidak perlu menambahkan pengembang lagi ke dalam adonan. Jika sukar didapat, tambahkan satu sendok teh baking powder ke dalam sekilo tepung sebagai gantinya. Self raising flour sangat cocok untuk membuat cake, muffin, dan kue kering.

Penggunaan efektif tepung ini hanya 3 bulan saja, setelah itu pengembang dalam tepung tidak bekerja lagi. Sebagai perbandingan dalam pembuatan cake, = 225 gram tepung self raising, 225 gram tepung terigu protein sedang + ½ tsp baking powder + 1 tsp baking soda.

 

ENRICHED FLOUR.

Adalah tepung terigu yang disubstitusi dengan beragam vitamin atau mineral dengan tujuan memperbaiki nilai gizi terkandung. Biasanya harganya relatif lebih mahal. Cocok untuk kue kering dan bolu.

 

WHOLE MEAL FLOUR.

Tepung ini biasanya dibuat dari biji gandum utuh termasuk dedak dan lembaganya sehingga warna tepung lebih gelap/cream. Terigu whole meal sangat cocok untuk makanan kesehatan dan menu diet karena kandungan serat dan proteinya sangat tinggi.

 

DILIHAT DARI BAHAN DASAR PEMBUATANNYA

 

TEPUNG MAIZENA / CORN STARCH

Terbuat dari jagung.biasa dipake untuk pengental pada sup atau saus, memberi tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan puding, serta efek renyah pada kue kering.


TEPUNG TERIGU / WHEAT FLOUR

Terbuat dari gandum. jenis jenis tepung yang berprotein lebih banyak berasal dari tepung ini. Salah satu jenis tepung paling terkenal, terbuat dari gandum yang diolah sampai halus.


TEPUNG TANGMIEN / TANG FLOUR, WHEAT STARCH

Berasal dari endapan proses "Glutenisasi" tepung terigu.

Jadi dengan bahasa kasarnya ini tepung berasal dari edapan tepung yg di cuci, atau proses pemisahan tepung dengan glutennya.. Cara Pembuatan atau prosesnya mungkin ada yang sudi untuk memberikan uraian tanggapannya.???


TEPUNG TAPIOKA / TAPIOCA STARCH

Terbuat dari ubi atau singkong. tidak cocok untuk gorengan karena menyerap minyak dan mengeras setelah dingin beberapa lama. Selain pengental, juga dipake untuk pengenyal pada bakso, pengganti sagu pada pempek, juga sebagai bahan baku krupuk. Ada juga yang mebuat cendol berbahan tapioka, cendolnya jadi panjang2, lentur dan bening.

Untuk kue kering bisa saling menggantikan dengan Tepung Sagu maupun Tepung Ararut.

Kue kering yang terkenal dan terbuat dari ketiga jenis tepung ini adalah “Kue Semprit”.

Pada skala industri, tepung jenis ini dipakai untuk pengental atau sebagai stabilizer pada aneka saus.


TEPUNG SAGU / SAGO FLOUR / SAGO STARCH

Jenis tepung ini terbuat dari pohon Sagu / aren atau enau yang mempunyai karakter kenyal , biasa digunakan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia , banyak digunakan dalam pembuatan aneka kue basah serta Bubur.

 

TEPUNG BERAS

Jenis ini yang biasa dibuat dari beras putih biasa dan sering orang gunakan untuk pembuatan bubur, anaeka kue basah, campuran dalam dan peyek.

 

TEPUNG KETAN / GLUTINOUS RICE FLOUR

Jenis tepung ini terbuat dari beras ketan yang pada umumnya digunakan untuk pembuatan aneka kue basah dalam jajanan pasar seperti getas, opak, putri mandi & onde-onde. 

 

TEPUNG ROTI / TEPUNG PANIR 

Jenis tepung ini adalah dari roti yg dikeringkan lalu di haluskan dan diseuaikan kehalusannya              ( Lembut atau Kasarnya ) dengan tingkat pengunaannya , biasanya digunakan untuk pada gorengan dengan ala eropa dan beberpa asal negara lainnya, walau di masarakat Indonesia sendiri sudah banyak yang mengunakannya dalam beberapa makana ala Peranakan. Tepung roti juga memiliki beberapa varian, yaitu :

  • Tepung Roti Putih Basah ,Tepung ini sering digunakanuntuk mengental saus manis, cake & adonan pudding.
  • Tepung Roti Coklat Kering ,Digunakan sebagai taburan masakan yang di panggang seperti Potato gratin atau untuk kroket & risoles.
  • Tepung Roti Putih Kering ,Digunakan untuk membalut sayuran, daging sapi, ikan maupun ayam sebelum digoreng.

 

TEPUNG PANKO

Tekstur tepung panko lebih kasar dari tepung roti biasa, selain berwarna putih ada juga tepung panko yang berwarna kuning keemasan. Penikmat masakan jepang pasti pernah memakan Katsu & Tempura. Kedua makanan ini menggunakan tepung panko sebagai lapisannya. Karena dengan tepung tersebut membuat makanan lebih garing & renyah loh..


TEPUNG GARUT / TEPUNG ARARUT / ARROWROOT FLOUR

Sebagai bahan makanan bubur, puding, hunkwe sampai ke bahan campuran dalam industri cokelat batangan.

Dalam dunia farmasi tepung garut banyak dimanfaatkan sebagai pencampur tablet yang mengandung bahan aktiv Barium.

Bagi ibu-ibu yang baru menyusui, bubur tepung garut juga berkhasiat untuk memperbanyak air susu. Dalam industri kosmetika tepung garut digunakan sebagai bedak.

Sementara industri kertas dan tekstil memanfaatkannya untuk bahan filler.

Tepung garut juga digunakan untuk industri lem dan dekstrin.


TEPUNG SEMOLINA

Tepung dengan kadar protein tertinggi dibandingkan dengan jenis tepung lain, terbuat dari kulit bulir gandum yang keras. Bahan dasar didapat dari sisa gandum olahan tepung terigu, teksturnya berbutir-butir & memiliki warna kuning muda.

Bisa digunakan sebagai bahan pembuatan sup, cake, cookies, & pudding, namun tepung ini lebih dikenal sebagai bahan pembuatan spaghetti, macaroni, & aneka pasta lainya.


TEPUNG SUKUN

Buah sukun dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Direndam di air garam beberapa waktu, kemudian ditiriskan, setelah itu dijemur sampai kering. Lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk.

Tepung sukum yang sudah jadi sering dijadikan bahan dasar pembuatan kue-kue.


TEPUNG CUSTARD

Tepung custard adalah campuran dari beberapa bahan seperti tepung maizena atau tepung kentang, gula, kuning telur, susu sapi & bahan pengental lainnya. Setelah dicampur semua menghasilkan bubuk halus berwarna putih ke kuningan.

Kamu tahu Fla ? Fla adalah krim putih yang manis, biasanya digunakan sebagai isi kue sus ,Fla sendiri terbuat dari Tepung Custard.


TEPUNG ALMOND

Tepung ini berwarna kuning & memiliki tekstur yang kasar , tepung ini terbuat dari kacang almond yang telah dikupas sebelumnya. Lalu isinya dihancurkan sampai halus. Biasanya digunakan untuk membuat Jaconde, cake, & cookies.


TEPUNG HONGKONG 

Tepung ini juga dikenal dengan nama Water Lily Flour. Memiliki warna yang lebih putih dari tepung terigu, karena tepung hongkong terbuat dari biji gandum yang dikupas sampai bersih ( tidak ada kulit sisanya ) .Sebagian besar Dimsum menggunakan tepung ini sebagai bahan dasarnya.


TEPUNG POLENTA

Biji-biji jagung yang dihaluskan menghasilkan tepung polenta. Teksturnya kasar & berwarna kuning.

Tepung polenta merupakan bahan utama pembuatan makanan khas Mexico yaitu roti Tortilla.


Selamat berkreasi, selamat memasak.

Comments

Popular posts from this blog

5 Mother Sauce & Turunannya

MOTHER SAUCE   DEFINISI SAUCE kali ini saya akan mencoba mengulas tentang apa itu Sauce & apa sih sauce itu..?   kira- kira ada Berapa macam sih...? Baiklah untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas, maka kali ini saya akan membagi sedikit pengetahuan yang pernah saya dapatkan dari pengalaman kerja saya selama di kitchen. yang mengerti materi ini let's start........ !!!   Saus dalam masakan Perancis Saus merupakan unsur utama dalam masakan Perancis yang sudah dikenal sejak abad pertengahan. Dalam kuliner klasik Perancis terdapat lima saus utama ( mother sauce atau grand sauce) , yaitu: Saus BĂ©chamel dari roux dan susu. Saus Espagnole dari kaldu berwarna kecoklatan seperti kaldu daging sapi. Saus VeloutĂ© dari kaldu putih seperti kaldu ikan,ayam atau daging sapi muda. Saus Hollandaise dari mentega yang dijernihkan atau dipisahkan bagian lemak dan airnya. Saus tomat dari tomat dan kaldu.Dari saus utama tersebut dapat dibuat

Budayakan 5R Dalam Restoran

  Utamakan menuntut ilmu dari pada banyak mengeluh menuntut penghasilan Konsep 5R Dalam Sebuah Perusahaan –  Kerapihan tempat kerja dan kedisiplinan pekerja untuk menata area kerjanya menjadi faktor penting untuk meningkatkan efisiensi kerja dan juga menjaga kualitas mutu dan lingkungan. Karena tempat kerja yang tidak tertata dan penempatan peralatan atau perkakas yang tidak rapi dapat menghambat kelancaran pekerjaan, dan akan membuat waktu penyelasaian pekerjaan juga semakin lama. Pengenalan Budaya 5R kepada seluruh staff dan operator di sebuah perusahaan masih terus di lakukan melalui beberapa pelatihan-pelatihan internal kepada seluruh staff dan operator, karena hal ini sangat tidak mudah untuk membangun sebuah budaya 5R secara konsisten.   Konsep 5R atau 5S yang merupakan budaya kerja negara Jepang memberikan solusi untuk mengatasi masalah housekeeping ini. Konsep 5R adalah konsep pemanfaatan tempat kerja yang mencakup peralatan, dokumen, bangunan, atau ruangan, untuk mencipt

Tumpeng Perayaan 17 Agustus

  TUMPENG Pada awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang) di zaman itu . Sebab tumpeng erat kaitannya dengan keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Meski begitu, dahulu dan sekarang kehadiran nasi tumpeng tetap sama, yakni sebagai perwujudan rasa terimakasih pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Nasi tumpeng menjadi simbol dan tradisi. Nasi tumpeng melambangkan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bentuk nasi tumpeng yang mengerucut keatas dan dikelilingi berbagai jenis lauk melambangkan Indonesia memiliki beragam suku, etnik, dan budaya. Kombinasi sayur dan lauk pauk melambangkan pula ucapan syukur kepada Sang Pencipta atas hasil bumi. Selain itu bentuk nasi tumpeng yang menyerupai   gunung memiliki makna terlebih bagi masyarakat Jawa. Gunung bagi tradisi dan kepercayaan masyarakat Jawa sering diidentikan sebagai tempat yang maha tinggi secara spiritual. Perayaan Hari Kemerdekaan Republi